Sentra Peralatan Sablon Online

Cara Pisah Warna Desain Kaos

Pisah warna adalah salah satu proses lanjutan setelah artwork/desain telah dibuat. Dalam pisah warna, desain yang tadinya terdiri dari beberapa warna akan dipisah setiap warnanya sehingga terbagi sesuai dengan warna yang menyusun desain tersebut.


Oiya, pisah warna ini akrab digunakan dalam dunia sablon. Ada 2 jenis pisah warna yang paling populer digunakan dalam dunia sablon.

1. Sparasi Spot Colour
Sparasi spot colour banyak digunakan dalam dunia sablon. Sekitar 90% sablon menggunakan teknik pisah warna spot colour. Misal, dalam satu kaos ada 3 warna, maka desain tersebut dipisah berdasarkan ketiga warna tersebut. Umumnya sparasi spot colour menggunakan aplikasi Corel atau Illustrator. Dengan bantuan aplikasi desain tersebut warna dipisah dan print ke kertas kalkir sebagai bahan afdruk di screen.


2. Sparasi CMYK
Sparasi CMYK banyak digunakan di desain yang berbasis raster/bitmap. Umumnya desainnya terdiri dari warna yang kompleks, sehingga untuk memisahkannya dengan spot colour cukup rumit. Maka desain dipisah menjadi 4 warna dasar (C=Cyan, M=Magenta, Y=Yellow, K=Black).
Tekniknya menggunakan tools Photoshop dengan menggunakan frekuensi half tone dan angle.

Demikian sekilas tentang pisah warna. Pisah warna menjadi bagian yang sangat penting dalam industri sablon kaos.

Salam Sablon,


www.peralatansablon.com
Toko Alat Sablon Online