Sentra Peralatan Sablon Online

Mengenal Jenis Percetakan

Jika anda punya hobby desain, ada baiknya anda mengenal jenis mencetak desain. Dengan mengenal jenisnya, Anda akan mudah memilih jalur mana untuk menuangkan gagasan desain anda. Percetakan secara umum dapat dibagi menjadi 3 jenis. Yaitu :

1. Cetak Offset
Cetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas. Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan, arttwork/ desain dibuat filmnya. Dengan film itu kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin. Hasil peretakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya.

2. Cetak Sablon
Cetak sablon sering disebut screen printing. Cetak jenis ini menggunakan screen/saring. Artwork yang telah dibuat lalu dilakukan afdruk di screen. Dari hasil afdruk itu kemudian dituang tinta dan disaput dengan rakel. Tinta yang disaput akan keluar dari screen ke media yang disablon. Cetak sablon bisa diaplikasikan di banyak media, semisal : kertas, plastik, kain, besi, aluminium, kaca, kayu dan media lainnya.

3. Cetak Digital
etak digital atau sering disebut dengan digital printing prosesnya dimulai dari desain lalu dicetak dengan menggunakan printer. Hasilnya sesuai dengan desain yang dibuat. Media printing bisa di kertas, kaos (Direct to Garmen) atau ke plastik yang biasanya digunakan untuk spanduk.

4. Cetak Air Brush
Cetak jenis ini menggunakan sprayer. Cat yang ada di tabung kemudian disemprotkan dengan bantuan tekanan udara. Cetak jenis ini seperti melukis dengan semprotan cat. Hasilnya seperti mural atau seni air brush di motor, mobil dan sebagainya.

NB :
Jika anda ingin mengembangkan skills sablon kaos distro anda dapat ikut kursus sablon di www.sekolahsablon.com

Demikian pengenalan tentang percetakan, silakan, mana yang Anda ingin dalami.

Salam,



Toko Alat Sablon